<body> <body bgcolor="black"> skin by aMIDala anastAsiaNA



Patricia Briliani

Call me Petris
PetrisZ @ patriciabriliani@rocketmail.com



-->

Minggu, 03 April 2011

Ngaret Nggak Banget

  
  Ngaret atau telat adalah kabiasaan buruk masyarakat Indonesia. Ada beberapa yang bilang, ngaret adalah budaya dan ciri khas Indonesia. Tapi beberapa bilang, NGGAK ADA BUDAYA NGARET. Saya yakin semua reader pernah ngaret, baik saat meeting, berangkat sekolah, ketemuan, janjian nongkrong, dst. Dan antara reader satu dan yang lain pasti beda waktu ngaretnya. Ada yang 5 menit, 10 menit bahkan 1 jam.
     Saya sendiri serinsg ngaret. Alasannya, terlalu sering menunda waktu untuk siap siap (baca : mandi, dandan, makan,dst), akhirnya waktu sudah mepet baru deh kelabakan. Tapi, untung mamaku tersayang selalu marah kalau melihat saya membuat orang lain menunggu saya. Motto-nya adalah "LEBIH BAIK MENUNGGU DARIPADA DI TUNGGU". Jadi terbiasa untuk tidak membirkan orang menunggu saya terlalu lama.
     Saya berusaha untuk tidak ngaret. Tapi waktu saya gak ngaret, malah temen saya yang ngaret. Jadilah saya pasti akan menjadi tontonan gratis menunggu teman saya datang. Duduk sendirian, sambil mengecek handphone dan jam tangan berkali kali. Wajah di tekuk, rambut di jambak jambak sangkin frustasinya. Waktu yang ditunggu datang, kita sudah kuyu, istilah lainnya LECEK. Lebih bete lagi yang di tunggu malah senyu senyum tanpa dosa dan bilang "sorry macet", dengan entengnya.
     Seperti pengalaman saya dulu saat hari raya nyepi tahun 2011 ini, saya dan beberapa teman janjian untuk jalan jalan bareng. Jam 10.00 WIB di taman dekat sekolah. Seorang teman (baca Annisa Fitri Nur Syahid a.k.a Cicik) malah sempat bilang "Kumpul di taman KB, jam sepuluh teng, jangan telat", sehari sebelum acara. Alhasil dari jam 7 saya sudah mandi, jam 8 saya sudah selesai siap siap (baca dandan ala cewek), jam 9 perut saya sudah kenyang dan sudah siap berangkat. Bahkan saya sudah mewanti wanti pengantar saya (baca Noel) untuk enggak ngaret. Jam 09.40 saya berangkat dari rumah, dan sampai di tempat janjian jam 09.45. Tapi nggak ada satupun teman saya yang sudah datang. Jam 10.05 akhirnya teman saya berdatangan, Tapi hingga pukul 11.00 kami belum juga beranjak dari taman tempat kami janjian. Alasanya teman kami yang seorang masih belum datang. Padahal dialah yang berpesan kepada kami supaya nggak ngaret.  Jam 11.15 akhirnya dia datang.
     Tapi bukannya merasa bersalah karena ngaret 1 jam lebih, dia malah senyum senyum saja. Karena jengkel kami langsung nyemprot dia, tapi lagi lagi dia cuma bilang "maafkan aku", dengan ringan. Betenya setengah mati deh waktu itu.
     Usut punya usut ternyata, dia baru siap siap jam setengah sepuluh, dan jam 10 dia baru makan. Jadi dongkol saya karena datang jam 09.45, akhirnya saya dan teman teman sepakat kalau janjian dengan dia lagi kami akan bohong soal  waktu kumpulnya. Kalau mau berangkat jam 10, yang lain bilang ke dia kita mau berangkat jam setengah sembilan. Supaya kita nggak nunggu lama. Parahnya lagi temenku ini a.k.a Annisa Fitri Nur Syahid a.k.a cicik ini sering banget ngaret.
     Di satu acara, temen temen satu kelas rencananya mau pergi ke Tinjomoyo dan si cicik ikut. Ngaretnya terulang lagi, bahkan lebih parah, dia ngaret hampir 2 jam. Ckckck...
     Reader pasti nggak maukan nunggu kaya aku nunggu cicik sejaman lebih? Maka dari itu, jangan telat. Banyak orang bilang time is money, jadi waktu jangan disia siakan. Kadang aku mikir, gak heran Indonesia miskin, orang sering nyia nyiain waktu a.k.a uang.
     Ini ada beberapa kerugian yang aku dapat dari telat,
1. Ngga di percaya lagi
    Karena kita telat, kita jadi nggak dipercaya lagi sama teman. Tandanya, kalau janjian lagi pasti di wanti wanti "jangan telat lho" atau "kalo telat tak tinggal".
2. Nambah musuh
    Karena telat, kita jadi membuat orang jengkel sama kita, kalo kita terlalu sering telat, akhirnya kita malah akan di benci dan di jauhi.
3. Buang buang waktu
    Kayak pengalamanku tadi bisa jadi ilustrasi. Semisal si cicik nggak ngaret dan jam sepuluh kita berangkat, jam sebelas pasti kita sudah sampai tujuan. Karena cicik ngaret dan jam sebelas berangkat, kita sampai di tempat tujuan jam dua belas. Sayangkan waktu terbuang cuma buat nunggu orang lain dateng. 
4. Nambah dosa
    Karena membuat orang lain jengkel dengan kebiasaan telat kita, kita jadi numpuk dosa deh. Secara nggak sadar kita membuat teman kita cepet mati juga. Karena selama dia nunggu kita dia pasti bete dan marah marah. Padahal keseringan marah membuat dia terancam banyak penyakit berbahaya.
5. Menjelek jelekan image 
    Karena sering terlambat, kita pasti akan menjelek jelekan image kita sendiri. Kita jadi punya julukan baru cah telatan, miss/mr ngaret,  dst.
6. Dapat hukuman atau celaan
    Di sekolahku sekarang ini kalau telat, mesti lari keliling simpang lima, belum lagi mesti mencari tanda tangan dari beberapa guru. Bener bener menyebelkan mesti bolak balik nyari guru guru.     
     Mamaku pernah berpesan sama aku, "kalau kamu gak mau menunggu orang lain, jangan pernah membiarkan orang menunggu kamu, karena setiap perbuatan kita baik atau buruk ada karmanya", kata kata sederhana tapi bermakna. So readers, read, think, and decide the best for our lives.

4 komentar: