<body> <body bgcolor="black"> skin by aMIDala anastAsiaNA



Patricia Briliani

Call me Petris
PetrisZ @ patriciabriliani@rocketmail.com



-->

Kamis, 17 Maret 2011

Mengefisienkan Waktu yang Berharga

1. Buatlah perencanaan
Anda memerlukan perencanaan dalam bekerja. Kalau tidak anda akan menghabiskan untuk mengerjakan semua pekerjaan ya ada di meja tulis anda. Maka buatlah rencana kerja anda tiap hari. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah pekerjaan, makin sedikit waktu  yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

2. Konsentrasi
Orang yang menghadapi masalah serius dalam hal batas waktu biasanya mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan dalam suatu projek bukanlah hal yang penting. Tetapi yang lebih penting ialah menyediakan jumlah waktu yang tidak terganggu.

3. Beristirahat
Bekerja terus menerus tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif. Tenaga makin menurun, kebosanan makin mempengaruhi serta ketegangan fisik dan mental makin terkumpul. Oleh itu, anda memerlukan istirahat yang secukupnya karena hanya istirahatlah cara yang paling baik.

4. Jauhkan Suasana Berantakan
Beberapa orang selalu membiarkan meja tulisnya dipenuhi kertas yang berserakan. Mereka mengira bahawa dengan cara itu persoalan yang penting akan naik sendiri ke atas timbunan kertas itu. Sebenarnya keadaan berantakan seperti ini mengganggu serta meningkatkan ketegangan.

5. Jangan menjadi “perfeksionis”

Ada perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan bermati-matian mengejar kesempurnaan. Langkah yang pertama , dapat dicapai,memberi kepuasan dan sihat. Sementara langkah yang kedua, selalunya mustahil, mengakibatkan kekecewaan dan gangguan jiwa. Ia juga membuang buang waktu dengan sia sia.

6. Berani Berkata Tidak
Daripada semua teknik menghemat waktu yang pernah dikembangkan, barangkali yang paling efektif ialah berani berkata tidak. Belajarlah menolak dengan mengunakan kebijaksanaan tetapi tegas terhadap setiap permintaan yang tidak mendukung pencapaian sasaran anda.

7. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Penundaan kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berakar.Walaupun begitu, kita mampu mengubah kebiaaan ini asalkan kita menggunakan cara yang tepat seperti memutuskan untuk berubah segera setelah anda selesai membaca artikel ini, sementara hati anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan segera adalah amat penting. Seterusnya jangan mencoba terlalu banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Apa yang perlu dilakukan ialah memaksa diri melakukan pekerjaan yang sudah tertunda sekarang juga.

8. Jangan Membuang buang Waktu

Kegiatan membuang waktu dengan percuma wajib di hindari. Ia menghabiskan tenaga saja. Satu-satunya cara penyembuhan adalah pembedahan radikal. Jika anda membuang waktu dalam kegiatan yang membuatkan anda bosan, alihkan perhatian dari hal itu karena itu menyia-nyiakan tenaga anda. Buanglah kegiatan ini, untuk selama-lamanya.

9. Delegasikan pekerjaan
Anda tidak perlu menjadi pemimpin nasional atau esekutif firma gergasi untuk mampu mendelegasikan pekerjaan. Sebagai peringatan, mewakilkan kepada pekerja bawahan pekerjaan yang tidak disukai oleh anda dan semua orang lain bukanlah mendelegasikannya, tetapi meberi perintah. Belajarlah mendelegasikan tugas yag penuh cabaran dan memberikan imbalan, bersama dengan kuasa secukupnya untuk membuat keputusan yang perlu. Ini dapat membantu melonggarkan waktu anda.

10. Jangan Kerja Terus Menerus
Hampir semua eksekutif yang berhasil mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan mengganggu hal-hal yang penting dalam hidup mereka, seperti bergaul dengan teman-teman dan berbincang bincang.Ini membedakan mereka dengan orang yang kecanduan kerja yang sama seperti orang yang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakupi penolakan untuk mengambil cuti, tidak dapat menyingkirkan pekerjaan dari pikiran pada hari minggu serta isteri dan anak-anak yang asing baginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar