<body> <body bgcolor="black"> skin by aMIDala anastAsiaNA



Patricia Briliani

Call me Petris
PetrisZ @ patriciabriliani@rocketmail.com



-->

Sabtu, 05 Maret 2011

Tanpa Air Kita Mati

Air sangat besar peranannya bagi kesehatan tubuh kita, Kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa membuat stamina dan konsentrasi seseorang menurun. Oleh karena itu, air adalah komponen penting bagi tubuh kita, sebagian besar kebutuhan tubuh didominasi cairan. Kejadian yang kerap ditemukan di masyarakat adalah hampir semua orang pernah mengalami dehidrasi baik ringan maupun berat.
    "Air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung, Mencegah sembelit, melindungi organ dan jaringan tubuh, Membantu melarutkan mineral dan zat gizi lainnya sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Air juga berfungsi sebagai pelumas sendi, meringankan beban ginjal dan hati serta melarutkan sisa-sisa metabolisme. Ini menunjukkan air menjadi zat gizi yang esensial bagi tubuh sehingga kekurangan sebanyak 20 persen bisa berakibat fatal," ungkap Dr dr Luciana B Sutanto MS.SpGK. dalam acara Bloggers Gathering, Jum'at (25/2/2011)
    Dr Luciana menambahkan, haus merupakan tanda bahwa tubuh sudah mengalami kekurangan cairan. Ia menyarankan agar jangan selalu membiarkan tubuh terus-menerus merasakan haus. Akan lebih baik apabila belum terasa haus sudah minum, mengingat jumlah air yang harus diminum adalah 8 - 10 gelas dalam setiap harinya. Semakin banyak gerak, kebutuhan air akan lebih banyak.
    “Dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh ringan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh termasuk tingkat kinerja, kognotif dan mood. Proses hilangnya air bisa disadari saat membuang air atau fases sedangkan yang tidak disadari melalui nafas dan keringat. Perolehan dan kehilangan air dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, luas permukaan tubuh, suhu dan kelembaban lingkungan, aktivitas fisik serta penyakit", ungkap Dr Luciana.
    Pakar ilmu Gizi dari Uni­versitas Indonesia (UI), Dr Luciana Sutanto menjelaskan, kekurangan air adalah salah satu penyebab keletihan. Menurut dia, keku­rangan air dalam tu­buh sangat ber­bahaya yaitu dapat me­nurunkan inga­tan atau kehilangan fokus pikiran. Kekurangan air juga dapat meng­hambat kerja jantung. “Ke­­­­ku­rangan air bisa menyebab­kan jan­tung berdetak lebih cepat dan meng­akibatkan kita cepat lelah,” jelasnya.
    Jadi jangan biarkan tubuh kita (terutama otak) kekurangan air. Karena banyak rugi daripada untungnya. Okeh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar